UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung

[www.uinsgd.ac.id] Tim Asesor  Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Visitasi Akreditasi Program Studi (Prodi ) Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN ) SGD Bandung, 16-18 Desember 2015, di Aula Utama Fakultas Sains dan Teknologi. Dalam Visitasi itu, BAN-PT mengutus 2 asesor yakni Dr.Arief Hermanto (UGM), dan  Drs.Arinto Yudi Ponco Wardoyo,M.Sc, P.hd (Universitas Brawijaya).

Ketua Program Studi (Podi) Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Yudha Satya Perkasa sangat merespon positif apa yang dilakukan para asesor untuk melakukan visitasi prodi fisika. Pihaknya sudah melakukan persiapan  3-4 bulan dengan melibatkan elemen fakultas dan masyarakat. Persiapan dari berbagai aspek, yakni penyedian Borang, pengumpualn bukti fisik,  dan  aspek lainnya. Agar memenuhi standar yang jadi penilaian tim BAN-PT. “Untuk menyediakan bukti fisik kami membutuhkan waktu  satu bulan ( Oktober-Nopember),kemudian Borang dikirim  tgl 2 Desember ke BAN-PT, “ ungkap Yudha.

Dalam penilain yang dilakukan Tim Asesor  poin-poin yang penting yakni  mengenai kesamaan atau kesenyawaan antara keilmuan fisika dengan ayat-ayat Al-Quran dan terimplimentasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi agar lebih fokus pada sasaran dan tujuan yang ada dalam Al-qur’an dan bisa teraplikasi di masyarakat.

Yudha berharap dengan visitasi Tim BAN_PT,  prodi fisika bisa meraih akreditasi yang ditargetkan yakni A, Karena akreditasi prodi sangat penting dan strategis sebagai symbol kualitas dari totalitas  kondisi  dan karakteristik , input, proses, keluaran,dan implikasi, serta layanan kinerja program studi yang di ukur berdasarkan seperangkat standar yang ditetapkan BAN-PT.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi,UIN SGD Bandung, Dr.Opik Taupik Kurahman, M.Ag didampingi para wadek, ketua prodi, dan unsure lainya, mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor  BAN-PT atas kedatangannya dan  telah melakukan tugas visitasi prodi Fisika dengan baik dan obyektif, Dekan  berharap, dengan  visitasi prodi fisika mendapat masukan dan perbaikan kearah yang lebih baik untuk meraih kualiats prodi Fisika dengan akrediatasi yang diharapkan. [Haryadi]