UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Baksos, 13 Anggota Muda Mahapeka Berangkat Ke Baduy

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 13 anggota muda Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mahapeka) UIN SGD Bandung diberangkatkan ke Baduy kemarin malam untuk melaksanakan Penyuluhan Lingkungan Hidup (PLH) ke-26 UKM Mahapeka.

Menurut Ketua pelaksana Acara M Hilal, kegiatan tersebut merupkan program rutin. Tahun ini baksos dilaksanakan di Ksmpung  Sempur dan Kampung Babakan Desa Cibarani Kec CIrinten Kab Rangkas Provinsi Banten.

“Tidak hanya baksos, tetapi setiap peserta juga diwajibkan untuk memberikan laporan pertanggungjawaban yang harus sesuai dengan jurusan kuliah masing-masing setiap peserta,” ujar Hilal sesaat sebelum bertangkat, Rabu (5/8/2015) malam.

Hilal mengatakan Baksos tahun ini lebih menekankan kepada bidang sosial, pendidikan dan lingkungan hidup. “Ada beberapa penyimpangan orang baduy mengenai pelestarian alam, terutama disana terdapat tradisi Nga Huma yang berarti membakar hutan secara keseluruhan untuk dibuat lahan perkebunan,“ ujar Morta panggilan akrabnya.

Para peserta menyambut antusias Baksos tersebut, seperti yang di akui oleh  Byan Latief.  “Kami sangat antusias dan telah mempersiapkan segala hal, terutama dengan materi yang diberikan oleh pengurus dari mulai 4 hari sebelumnya,” ujarnya. [Rizki Januar, Robby Darmawan/Suaka]