UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Asyiah Juara 3 Bintang Vokalis Qasidah Se-Jabar

[www.uinsgd.ac.id] Kebahagiaan dan rasa bangga terlihat dari sosok mahasiswi yang bersuara merdu ini. Siti Asyiah namanya, ia merupakan mahasiswi Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung yang memiliki prestasi luar biasa dalam bidang tarik suara. Asyiah panggilan akrabnya  baru saja menjadi juara ke- 3 Bintang Vokalis Qasidah se- Provinsi Jawa Barat.

Asyiah berhasil menjadi terbaik ke-3 setelah mengikuti acara Festival Seni dan Budaya se-Provinsi Jawa Barat cabang Bintang Vokalis yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI)) Provinsi Jawa Barat yang bekerja sama dengan Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ) UIN SGD Bandung, bertempat di Kampus UIN SGD Bandung, Rabu-Jum’at (29-31/10).

Dari tiga cabang yang diperlombakan dalam festival tersebut yaitu Marawis Klasik, Qasidah Klasik dan Bintang Vokalis, Asyiah yang juga salah satu personil Ushuluddin Voice ( UVo) ini turun dalam cabang lomba Bintang Vokalis mewakili DPD LASQI Kota Sukabumi, yang merupakan kota kelahirannya. Asyiah mengaku, pada awalnya tidak ada persiapan sama sekali untuk mewakili kota kelahirannya itu. Namun, rasa percaya diri yang kuat membuatnya yakin bisa memberikan yang terbaik meski tanpa persiapan sama sekali. “ Kaget sih awalnya, dapat kesempatan mewakili kota Sukabumi. Tapi karena saya suka nyanyi jadi saya tidak menolaknya walau tanpa persiapan,” tegasnya.

Asyiah pun merasa bersyukur sekaligus bangga bisa meraih prestasi yang mengharumkan Kota Sukabumi dan Fakultas Ushuluddin. Baginya, prestasi ini menjadi tambahan dari beberapa rentetan prestasi dalam bidang tarik suara lainnya. Dimana sebelumnya, Asyiah pernah menjadi Juara I Qori se-Jawa Barat saat masih duduk di bangku Aliyah. “Alhamdulillah bersyukur sekali, bisa mengharumkan kota kelahiran sekaligus Fakultas Uhuluddin,” pungkasnya.

 Walau tidak secara langsung mewakili Fakultas Ushuluddin dikarenakan aturan yang dibuat panitia, namun Fakultas Ushuluddin patut bangga atas prestasi yang diraih salah satu mahasiswanya itu. Dekan Fakultas Ushuluddin Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., yang mengetahui salah satu mahasiswanya meraih prestasi pun ikut bangga atas apa yang telah diraihnya. Dekan pun berharap, semoga ke depannya bisa lebih berprestasi lagi dan lebih banyak mahasiswa Ushuluddin yang bisa berprestasi di berbagai bidang seperti Siti Asyiah. “Fakultas Ushuluddin ikut bangga atas apa yang diraih Siti Asyiah ini. Semoga kedepannya bisa menambah prestasinya serta mudah-mudahan akan banyak mahasiswa Ushuluddin yang bisa berprestasi di berbagai bidang lainnya,” pungkasnya. [Agus]