UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Asesor: Hasil Visitasi Prodi IH Sangat Memuaskan

Potensi besar yang dimiliki Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung alangkah baiknya jika diperkuat dengan upaya sosialiasi dan pengauatan promosi, sehingga menjadikannya lebih hebat lagi.

Demikian kata-kata terakhir dari asesor BAN PT Dr Angkasa, SH, M.Hum (Universitas Jenderal Soedirman) dan Prof Dr Galang Asmara, SH, M.Hum (Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat), pada acara penutupan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi IH, Senin (17/03/2019).

Acara visitasi ini dibuka oleh Wakil Rektor II UIN SGD Bandung Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si; dihadiri Dekan FSH Dr H Ah Fathonih, M.Ag; para wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan, para dosen, mahasiswa dan alumni, dan staf TU.  

“Prodi IH juga harus terus melakukan inovasi, kreasi baru, dan sosialisasi sebagai penanda kemajuan yang bermuara pada kepuasan publik,” kata Dr Angkasa, seraya menjelaskan bahwa sosialisasi dan promosi ini penting dilakukan untuk membangun brand di masyarakat. Tidak lupa membangun sinergitas dengan para stakeholder, dan bekerja sama secara erat dengan pihak-pihak lain.

Dr Angkasa menekankan pentingnya mewujudkan visi dan misi secara nyata, tidak sekadar slogan atau simbol. “Visi IH menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di bidang ilmu hukum dalam bingkai akhlak karimah, ini tidak main-main. Jika bisa diwujudkan, itu luar biasa,”katanya.  

Menyinggung proses asesmen lapangan, Prof Galang melihat adanya kerjasama yang baik antarsemua komponen yang terlibat dalam proses akreditasi ini, sehingga proses visitasi berjalan secara lancar dan sangat cepat. ”Apa yang dilaporkan di dalam borang, sesuai dengan dokumen yang disiapkan. Ini visitasi tercepat selama saya terjun ke lapangan menjadi asesor. Secara keseluruhan, hasilnya bagus. Kita berdoa semoga nilai akreditasi BAN PT-nya juga istimewa,” kata kedua Asesor.

Dekan FSH Dr Fathonih mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran proses visitasi ini. Karenanya, ia menyampaikan terma kasih atas kerjasama semua yang terlibat dalam visitasi ini. “Mari kita berdoa, semoga Prodi IH bisa meraih nilai akreditasi A dari BAN PT,“ ujar Dekan.

Tidak lupa, Dekan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kedua asesor Dr Angkasa, SH, M.Hum dan Prof Dr Galang Asmara, SH, M.Hum. “Kami haturkan terima kasih kepada kedua asesor yang sangat antusias dan begitu seksama dalam proses visitasi ini. Kami juga mohon maaf jika pelayanan kami kurang memuaskan!” pungkas Dekan.(Nanang sungkawa)