UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Ali, Mahasiswa UIN SGD Bandung Asal Somalia

[www.uinsgd.ac.id] “Tuntutlah ilmu, walaupun harus sampai ke negeri Cina.”Ya, itulah sepenggal pepatah yang sudah tidak asing lagi di telinga. Pepatah ini boleh dikata tepat bila disematkan kepada mahasiswa baru UIN Bandung asal Somalia, Ali Muhammad. Walaupun jarak terbentang jauh, tak menyurutkan semangat mahasiswa yang satu ini untuk menuntut ilmu.

Ali memilih jurusan Agroteknologi, dan ia siap belajar mewujudkan segala keinginan dan mimpinya. Soal pemilihan jurusan, Ali sapaan hangatnya, hanya mengatakan, bahwa hal tersebut merupakan hobinya

“It’s my hobby,” ujarnya  belum lama ini. Mahasiswa yang baru dua bulan tinggal di Bandung ini, ketika ditanya keadaan kampus yang masih dalam proses pembangunan, dengan fasihnya berbahasa Inggris ia mengatakan tidak masalah, seperti dilansir BandungOke.com (2/9)

Ali memilih kuliah di Bandung, diakuinya, lantaran seseorang telah membawanya datang ke Indonesia. “Seseorang membawa saya ke sini. Ya, jadi saya kuliah di sini,’’ ucapnya singkat.

Menyingggung ada tidaknya perbedaan antara universitas di Indonesia dan di Somalia, Ali mengatakan, “Tidak ada perbedaan antara kampus di sini dan Somalia, sama saja.’’

Ali menceritakan keluarga besarnya di Somalia tidak mempermasalahkan ia kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Indonesia. Selain karena memiliki keluarga, pamannya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, keluarganya memang selalu mendukung.“Keluarga saya di sana ok ok saja, saya kuliah di sini,” katanya.

Kehadiran Ali memang menarik perhatian pada penyelenggaraan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) tahun 2012 ini. Setiap mata memandang tertuju pada mahasiswa baru satu ini, yang belum fasih berbahasa Indonesia.

Ketika disinggung mengenai kesulitan berbahasa untuk berkomunikasi Ali mengatakan, ia akan mencoba belajar. “Ya, saya akan mencoba belajar bahasa Indonesia selama kuliah di sini,” ujarnya mengakhiri. [Ririn  Purwaningsih]