UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Alhamdulillah, Prodi IH Terakreditasi A BAN-PT

Alhamdulillah, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, meraih nilai akreditasi A (375) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ungkap Dekan FSH Dr H Ah Fathonih, M.Ag.

Selain kualifikasi A, skor diraih pun tinggi yakni 375, melebihi estimasi nilai yang diprediksikan mendapatkan 365. Berarti Prodi IH meraih nilai paling tinggi di antara prodi-prodi lain di lingkungan UIN Bandung. “Atas nama pimpinan, kami mengucapkan rasa syukur ke hadirat Ilahi Robbi, atas raihan akreditas ini,” lanjut Dekan.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan UIN SGD yang men-support proses akreditasi, baik secara materil maupun moril. “Kami pun merasa bangga sekaligus mengapresiasi kineja Ketua Jurusan IH Dr H Utang Rosidin, SH, MH; Sekretaris Dr H Uu Nurulhuda, dan Staf Dian R Gumelar, SH, MH. Serta segenap sivitas akademika FSH yang terlibat dalam proses akreditasi ini. Terima kasih semuanya,” tutur Dekan.

Masih ada dua prodi yang ditargetkan terakreditasi A yaitu Hukum Pidana Islam (HPI) dan Prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH). Termasuk dua prodi baru, Akuntansi Syariah dan Ekonomi Syariah, yang masih menunggu jadwal asesmen lapangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Prodi IH (Senin (18/03/2019) divisitasi oleh dua asesor BAN PT Dr Angkasa, SH, M.Hum (Universitas Jenderal Soedirman) dan Prof Dr Galang Asmara, SH, M.Hum (Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat). Kedua asesor melihat adanya kerjasama yang baik antarsemua komponen yang terlibat dalam proses akreditasi, sehingga proses visitasi berjalan lancar dan sangat cepat. Yang paling utama adanya relevansi antara yang dilaporkan di dalam borang dengan dokumen yang disiapkan di lapangan. Secara keseluruhan hasilnya bagus.(Nanang Sungkawa)