UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Akreditasi Siyasah Dapat Nilai A

[www.uinsgd.ac.id] Ketua Jurusan Hukum Tatanegara Islam (Siyasah) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung Chaerul Shaleh, M.Ag meminta semua mahasiswa, staf, dan dosen di jurusannya  untuk membuktikan kinerja sesuai dengan nilai A yang dianugerahkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) belum lama ini.

“Ini penting, karena kinerja kita dihargai BAN PT dengan nilai A melalui SK No 1262/SK/BAN PT/Akred/S/XII/2015. Buktikan bahwa kita layak mendapat nilai A, dengan terus-menerus meningkatkan kinerja yang baik,” ujar Chaerul Shaleh di rung kerjanya, Rabu (27/01/2016).  

Ia menjelaskan bahwa kinerja Jurusan Hukum Tatanegara Islam FSH mendapat penghargaan yang istimewa dari BAN PT. Pembuktiannya, standar kerja harus dilakukan secara rutin agar tetap bisa mempertahankan kualifikasi A tersebut. Pengejawantahan visi misi jurusan, lanjut Chaerul, mahasiswa diposisikan sebagai pejuang dalam mencapai target Jurusan Hukum Tatanegara Islam yang unggul, kompetitif, dan kompeten.

Semua itu didukung oleh kepemimpin jurusan yang transformatif  yang berarti  menceminkan keterbukaan. “Minimalnya kita bermimpi tentang Jurusan Hukum Tatanegara Islam. Dan, harapan saya nilai akreditasi A bisa menularkan kualitas A bagi para mahasiswa, sehingga mereka bisa lulus cepat,” katanya.

Chaerul  juga mengharapkan staf dan dosen bisa bersinergi, untuk maju bersama menciptakan kualitas dalam segala hal. Disokong oleh kurikulum dimana prestasi yang diraih dituangkan dalam rencana ke depan. “Tidak lupa kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama semuanya harus berbasis program studi (prodi),” jelas Chaerul didampingi Sekeretaris Ridwan Eko Prasetio, SH.I, M.Ag.

Wakil Dekan I FSH UIN SGD Bandung, Dr HA Hasan Ridwan, M.Ag menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada rengrengan Jurusan Hukum Tatanegara Islam, yang sudah motivasi para pengelola prodi lain untuk meraih Akreditasi A. “Ini jadi motivasi bagi jurusan lainnya, agar sama-sama meraih nilai A. Berarti perlu penanganan yang lebih serius dan fokus untuk meraih target itu,” katanya.

Karenya perlu dukungan dari semua pihak, baik berupa moril, sprituil, maupun materil. “Selain bersyukur kepada Yang Maha Kuasa, kita pun mesti memikirkan bentuk reward bagi jurusan peraih Akreditasi A,” ujar Dr Hasan. [Nanang Sungkawa]