UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Ahmad Subandi, Dekan Pertama FDK UIN SGD Berpulang

Innalillahi Wainnailaihi Rojiuan. Drs. H. Ahmad Subandi bin Muhammad Solihin, berpulang ke Rahmatullah. Beliau merupakan Dekan pertama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung (dulu Fakultas Dakwah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Almarhum merupakan pelopor dan penggagas pendirian Fakultas Dakwah IAIN Suna Gunung Djati Bandung pada tahun 1993. Ia juga sekaligus memprakarsai pendiriannya hingga turun Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 393 tahun 1993, tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Keputusan tersebut kemudian diperkuat oleh Keputusan Menteri Agama Nomor 407 tahun 1993 tanggal 31 Desember 1993 tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sejak itu, Fakultas Dakwah dengan dekan pertamanya Drs. H. Ahmad Subandi remsi sebagai fakultas mandiri di lingkungan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Selain sebagai dekan pertama, Almarhum sebagai ilmuwan peletak dasar Ilmu Dakwah bersama Dr. K.H. Syukriadi Sambas, M.Si (dekan kedua setelah almarhum). Beberapa karyanya yang hingga kini masih dijadikan rujukan; Ilmu Dakwah: Pengantar ke arah Metodologi, yang sudah mencapai cetaan ke-14 oleh penerbit Syahida Bandung, Dasar-dasar Bimbingan Dalam Dakwah Islam, yang dicetak olehKP HADID Bandung, ditulis bersama Dr. K.H. Syukriadi Sambas, M.Si. dan buku lainnya.

Selain banyak menulis buku, Almarhum juga konsentrasi untuk menerbitkan karya ilmiah Ilmu Dakwah melalui jurnal ilmiah seperti yang diterbitkan oleh Jurnal Al-Qolam dengan judul Hakikat dan Konteks Dakwah.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi merasa sangat kehilangan, Ia mendoakan semoga Dekan pertama Fakultas Dakwah tersebut mendapat tempat mulia di sisi Allah Subhanahu Wata’ala.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag sangat kehilangan gurunya yang selama ini telah membimbingnya. Ia memohon maaf apabila selama berinteraksi dengan rekan dan kolega terdapat khilaf.

“Mohon dimaafkan segala salah, khilaf, dosanya dan mohon doa agar beliau husnul khatimah. Senantiasa diberkahi dan bahagia bersama di Surga-Nya,”ujar Wadek III melalui pesan singkat.

Menurut Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Hajir Tajiri, M.Ag mengatakan bahwa Almarhum sangat berjasa dalam mengembangkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, termasuk dalam melakukan kaderisasi dosen-dosen fakultas. “insya Allah husnul khatimah dan diterangkan di alam barzahnya,”ujar Hajir.

Berdasarkan informasi dari Samsudin, salah satu keluarganya, Almarhum meninggal di Rumah Sakit Al-Islam Bandung, Rabu 19 Februari 2020 pada pukul 15.50. Almarhum akan dikebumikan di tempat kelahirannya, Majalengka pada Kamis, 20 Februari 2020 jam 09.00.

Dekan Fakultas Dakwah secara khusus menyampaikan duka citanya:


Keluarga besar sivitas Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut berduka mendalam atas kepergian Ayahanda Drs. H. Ahmad Subandi bin Muhammad Solihin, Dekan Pertama Fakultas Dakwah IAIN Sunan Gunung Djati, pada Rabu 19 Feb 2020 pukul 15.50, teiring doa kiranya beliau mendapat tempat mulia di sisi Allah swt dan keluarga yang ditinggal tetap ikhlas dan sabar.

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه ولا تحرمنا أجره ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله واجعل الجنة مثواه برحمتك يا أرحم الراحمين.

Dekan,

Dr H Ahmad Sarbini, M.Ag


Allohummagfirlahu Warhamhu Waaafihi Wafuanhu. Semoga beliau mendapatkan syafaat-Nya. ***[]