UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Agroteknologi Gelar Seminar & Musyawarah FORMATANI

Jurusan Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menggelar seminar nasional Agroteknologi 2019, bertemakan “Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional dengan Zonasi Lahan dan Pemanfaatan Lahan Sub-Optimal”, di Auditorium Anwar Musaddad, Sabtu (02/03/2019).

Seminar ini menampilkan narasumber Prof Yaya  Rukayadi, Ph.D (Perlindungan Tanaman – Universiti Putra Malaysia); Dr Aan Andang Daradjat, MS (Pemuliaan Tanaman – Balai Besar Tanaman Padi); Dr Cecep Hidayat, MP (Bioteknologi Tanah – UIN Sunan Gunung Djati Bandung); Ir Sutisna Sintaatmadja (Praktisi –PT  Pupuk Kujang); dan Ir Doddy Imron Cholid, MS (Pengamat Agraria).

Peserta seminar berjumlah 150 orang, terdiri dari 130 pemakalah dan 20 peserta non-pemakalah yang berasal dari kalangan dosen, peneliti, mahasiswa, dan umum.  Mereka berasal dari 28 instansi/lembaga di Indonesia di antaranya Universitas Lampung, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Universitas Brawijaya Malang, Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Balitri, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Pattimura-Maluku, Universitas Andalas, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Universitas Dipenogoro, .Universitas Papua, Universitas Sultas Agung Tirtayasa, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Palembang.

Hadir juga delegasi dari Formatani (Forum Mahasiswa Agroteknologi-Agroekoteknologi Indonesia) dengan jumlah 242 orang, yang berasl dari berbagai pergruan tinggi, di antaranya Universitas Sriwijaya, Universitas Padjaddjan, Universitas Brawijaya, Universitas Teuku Umar, Universitas Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Malang, dan bbrp universitas lainnya.  

Selain mengikuti seminar, para mahasiswa melaksanakan program Formatani berupa Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), yang diikuti oleh 40 peserta dan 10 terpilih untuk mempresantasikan karya tulisnya di hadapan para juri. Kegiatan lain adalah Musyawarah Nasional.  Kegiatan Formatani berlangsung sampai 7 Maret 2019.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Dr H Mahmud, M.Si pada pidato pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada Jurusan Agroteknologi yang telah menguatkan atmosfir akademik di UIN Sunan  Gunung Djati Bandung. “Kami berharap kepada para peserta seminar agar menghasilkan pemikiran yang berguna bagi kemajuan pertanian Indonesia.  Jangan berhenti pada wacana,” harap Rektor saat menutup pidatonya.[nanang sungkawa/humas]