UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

651 Peserta Ikuti CBT Program Magister Pascasarjana UIN SGD Bandung

SEBANYAK 651 peserta mengikuti seleksi berbasis komputer (computer based est/CBT) Program Magister (S2) Pascasarjana UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2019/2020 yang berlangsung di Gedung Lecture Hall, Kampus I, Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru Kota Bandung, Senin (08/072019).

Direktur Pascasarjana UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, M.Pd. didampingi Kasubbag Humas, Drs. H. Rohman Setiaman menjelaskan, tes S2 ini dilakukan dua tahap. Pertama, CBT yang diikuti 651 peserta untuk Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Religious Studies, Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyyah), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir,  Program Studi Ilmu Hadits, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Program Studi Sejarah Kebudayaan Islam.

Kedua, wawancara berupa usulan proposal tesis yang dilaksanakan besok,  Selasa tanggal 9 Juli 2019 pukul 07.30 di gedung Pascasarjana, Kampus II, Jalan Soekarno-Hatta, Ciminrang, Panyileukan, Kota Bandung.

“Pada tahapan kedua ini, semua peserta ujian diharapkan mempersiapkan fotokopi atau print out proposal dan sudah survei tempat ujian,” jelas Rohman, ujarnya, senin (08/07/2019).

Dijelaskannya, materi yang diujikan; Pertama, Test Potensi Akademik (TPA) dari pukul 07.30 sampai 09.00. Kedua, Tes Kemampuan Bahasa Inggris dari pukul 09.15 sampai 10.45. Ketiga, Tes Kemampuan Bahasa Arab dari pukul 11.00 sampai 12.30. 

“Alhamdulillah CBThari ini  berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Rohman berharap tes dan wawancara ini dapat menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian secara terbatas dalam rangka pengembangan ilmu agama Islam dan ilmu lain yang terkait.


“Selain itu mereka diharapkan memiliki kemampuan untuk menerapkan dan melakukan penelitian guna mengembangkannya,” ujarnya.

Dijelaskannya, kelulusan akan diumumkan pada tanggal  29 Juli 2019 di website Pascasarjana UIN SGD Bandung www.pps.uinsgd.ac.id. (Nana Sukmana, Dadang Setiawan)

Sumber, Galamedia News Senin 08 Juni 2019