UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

5 Jalur Masuk UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2016/2017

[www.uinsgd.ac.id] 5 Jalur Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2016/2017; Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Keempat, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kelima, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri.

“Ada lima jalur masuk ke UIN SGD Bandung tahun akademik 2016/2017 untuk Penerimaan Calon Mahasiswa Baru, diantaranya; Pertama, SNMPTN. Kedua, SBMPTN. Ketiga, SPAN-PTKIN. Keempat, UM-PTKIN. Kelima, Ujian Mandiri,” ungkap Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. saat dihubungi di ruang kerjanya, Kamis (21/1).

Untuk pendaftaran SNMPTN pihak sekolah sudah bisa memasukkan data nilai rapor siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Baru siswa mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN 2016 pada 29 Februari-12 Maret 2016 melalui website resmi SNMPTN 2016.

Seleksi jalur undangan ini menggunakan pola penyaringan calon mahasiswa berdasarkan penelusuran prestasi akademis siswa berlangsung pada 24 Maret-8 Mei 2016. 

Mengenai ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi dapat diakses di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2016 dimuat dalam panduan peserta yang dapat diakses di laman resmi http://www.snmptn.ac.id.

Untuk SBMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran,  jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai  SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang dapat diakses di laman resmi http://www.sbmptn.or.id.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.  Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui http://span-ptkin.ac.id/

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 53 PTAIN di Indonesia melalui ujian tulis dan diselenggarakan secara serentak peserta yang mengikuti seleksi UM-PTKIN harus membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk.  Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui  http://um-ptain.ac.id/

Jalur Mandiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan UIN SGD Bandung secara mandiri melalui ujian tulis. “Untuk jalur Mandiri tahun sekarang pendaftaranya akan dilakukan secara online sebagai bentuk dari peningkatan pelayanan, mempermudah akses, peningkatan mutu penyelenggaraan,” pungkasnya. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui  website resmi UIN SGD Bandung www.uinsgd.ac.id [Humas Al-Jamiah]