UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

383 Mahasiswa Pasca Ikuti Kuliah Umum

[www.uinsgd.ac.id] Sejumlah 383 mahasiswa pascasarjana mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Frank Dhont, Ph.D dari Yale University di Aula LPTQ, Jum’at (30/08). Kuliah ini merupakan bagian dari Orientasi Pengenalan Kampus (OPAK) mahasiswa pascasarjana atau Post Graduate Orientation yang dilaksanakan selama dua hari, Jum’at-Sabtu (30-31/08/2013)

Anton Athailah, Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana mengatakan, “Opak itu adalah makanan tradisional di Jawa Barat, tapi di sini adalah kegiatan kemahasiswaaan,” katanya sembari bergurau yang diikuti oleh tawa hadirin. Ia juga menyampaikan keseluruhan jumlah mahasiswa yang lulus dan mengikuti orientasi tersebut.

Afifudin, Wakil Rektor (WR) Bidang Akdemik mengucapkan, “Selamat datang kepada mahasiswa pascasarjana Strata Magister (S2) dan Doktor (S3).” Menurutnya, “Kuliah tersebut merupakan suatu proses yang harus dilalui untuk meningkatkan kemampuan.”

WR I pun membuka acara dengan resmi mewakili Rektor dalam acara Ospek Pasca.

Frank Dhont yang menyampaikan presentasi tentang Konstruksi pemikiran muslim Indonesia dari masa lalu hingga masa digital mengelaborasi bagaimana muslim di Indonesia dari mulai Aceh, Sumatra, Jawa pada masa kerajaan.

Materi selanjutnya merupakan materi yang berkaitan dengan kelembagaan; panduan akademik, panduan administrasi, serta kultur ilmiah yang ada di Program Pascasarjana UIN Bandung. Sementara hari kedua, mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang profil masing-masing Program Studi dari Ketua Program Studi masing-masing.***[Dudi]