UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

25 Finalis Bersaing dalam Lomba PAPP

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 25 mahasiswa dari enam perguruan tinggi negeri dan swasta bersaing pada lomba Pencarian dan Analisis Putusan Pengadilan (PAPP) yang digelar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Kegiatan tersebut salah satu bagian dari sosialisasi direktori putusan Mahkaman Agung (MA). Mengingat selama ini, para mahasiswa hanya mencari data salinan putusan hakim secara manual ke pengadilan.
Demikian disampaikan manajer proyek, Dr. Deni K. Yusup, M.A. saat ditemui “GM” di sela-sela grand final di kampus SGD Bandung, Jalan A.H. Nasution, Senin (17/3).

Menurut Deni, lomba tersebut tak lain untuk memudahkan pencarian online direktori putusan MA. Juga langkah maju di bidang reformasi peradilan (court reform) serta bagian penting dalam keterbukaan informasi publik oleh lembaga peradilan.

Pada tahap final ini, panitia menerapkan aturan main yang lebih ketat. “Saat lomba berlangsung hanya panitia dan peserta yang memiliki tanda pengenal khusus yang diperbolehkan masuk, mengingat pelaksanaannya diawasi sangat ketat,” kata Deni.

Sementara pembukaan berlangsung di Hotel Bali Word Bandung dan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial, Dr. H. Mohammad Saleh, S.H., M.H.

Supervisi

Lomba sendiri digelar di bawah suvervisi langsung MA dan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ), serta berkolaborasi dengan enam perguruan tinggi di wilayah Indonesia.

Keenam perguruan tinggi tersebut Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara (FH UMSU), Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung (FH Unisba), Fakultas Hukum Universitas Mataram (FH Unram), Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (FSH UIN Suka), Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Alauddin Makassar, Sulawesi (FSH UIN Makassar), dan Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin Kalimantan (FS IAIN Antasari).

Untuk pemenang panitia akan menyediakan hadiah berupa trofi serta uang tunai untuk perorangan mulai Rp 4 juta hingga Rp 7,5 juta. Sedangkan kategori kelompok terdiri atas tiga orang terbaik I yang berhak mendapat Rp 22,5 juta, Rp 15 juta untuk terbaik II, dan terbaik III memperoleh Rp 12 Juta. Sedangkan pengumuman akan dilakukan Rabu (19/3) besok.

Sumber, Galamedia 18 Maret 2014