UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

1752 Orang Ikuti Test UM-PTAIN

[www.uinsgd.ac.id] Hari ini sebanyak 1752 orang mengikuti test tulis Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) ke UIN SGD Bandung yang terdiri dari IPA 455 orang, IPS 867 orang dan IPC 430 orang. “Dari peminat 4490 orang yang ikut test tulis UM-PTAIN ke UIN SGD Bandung berjumlah 1752 orang,” ungkap Drs. H. Mumuh Mukhsin, M. M. Pd., Kepala Bagian (Kabag) Akademik UIN SGD Bandung usai pelaksanaan ujian di gedung Al-Jamiah lantai III, Selasa (24/6)

Saat ditanya tentang suasana test, Kabag Akademik menjelaskan  “Untuk hari pertama, Alhamdulillah secara umum pelaksanaan test UM-PTAIN jalur tulis ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh panitia,” terangnya. 

“Semunya terkoordinir, aman dan terkendali baik yang ada di gedung X, Z-A dan Z-B untuk kelompok IPS yang diikuti oleh 867 orang,  di gedung W dan Z-B untuk kelompok IPA yang diikuti oleh 455 orang maupun di gedung Z–B dan Saintek untuk kelompok IPC yang diikuti oleh 430 orang,” sambungnya.

Mengenai materi yang diujikan: Pertama, Tes Potensi Akademik. Kedua, Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar. Ketiga, Tes Wawasan Keislaman terdiri atas mata ujian al-Qurán-al-Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh. “Untuk hari pertama, pada tanggal 24 Juni 2014.” Keempat, Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika serta Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. “Untuk hari kedua, besok pada tanggal 25 juni 2014,” jelasnya. 

Kabag Akademik menambahkan untuk hasil seleksi akan  diumumkan di laman resmi http://um-ptain.ac.id/ yang dapat diakses pada hari Selasa, 22 Juli 2014. []