UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

170 Peserta Ikuti Test Tulis PPG TA 2013/2014

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 170 Calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi (PPG) Tahun Akademik 2013/2014 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung mengikuti ujian Seleksi Test Tulis di Aula FTK, lantai IV, Rabu (9/10)

Menurut Dr. H. Hasbiyallah, M.Ag, Sekretaris Panitia menjelaskan “Ada 170 peserta calon mahasiswa PPG mengikuti test tulis hari ini. Jumlah perserta tersebut tersebar dari Kabupaten Bogor, Bandung Barat, Bekasi, Sukabumi, Purwakarta, Garut, Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Cianjur, Kota Bandung, Sukabumi yang ada di Jawa Barat,” tegasnya.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah “Usaha mempercepat sertifikasi guru yang dilaksanakan selama setahun. Program ini bebeda dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang hanya dilaksanakan selama 10 hari. Mulai 2015 sertifikasi guru hanya akan diberikan melalui program PPG,” jelasnya.

Mengenai materi yang diujikan “Sesuai dengan Bidang Studinya. Misalkan Guru Kelas MI, maka materi yang diujikannya seputar MI. Begitu pula dengan Akidah Akhlak, Quran Hadits,” tambahnya.

Saat ditanya tentang jumlah pendaftaran tahun 2012/2013. “Pendaptaran tahun lalu sangat banyak, bahkan mencapai tiga ribu orang. Untuk tahun sekarang hanya 170 orang dengan quota yang diterima berjumlah 89 orang,” terangnya.

Program PPG bertujuan untuk; Meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru; Menghasilkan guru yang bersertifikat pendidik; Meningkatkan mutu pendidikan. “Dengan adanya test PPG ini diharapkan bisa melahirkan guru yang profesional dengan dibuktikan mengikuti program PPG dan mendapatkan sartifikasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru,” pungkasnya.

Pengumuman kelulusan akan dipublikasikan pada laman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung. []