UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

17 Psikolog UIN Bandung Siap Tangani Caleg Stress

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung siap mengantisipasi dan memberikan layanan psikis gratis    kepada para caleg yang mengalami stress atau defressi (gangguan jiwa) akibat gagal menjadi  anggota legislatif atau DPD  yang di gelar 17 April 2019.

Layanan tersebut merupakan bentuk  respon kemanusiaan  terhadap persoalan bangsa pasca pemilu pemilu serentak.

“ Kalau mereka datang  minta bantuan, 17 psikolog  di unit layanan psikis fakultas  siap memberikan layanan kepada mereka (para caleg)  yang mengalami gangguan kejiwaan pasca pemilu serentak.” Ujar Dekan Fakultas Psikologi UIN Bandung Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi, Di ruang kerja nya, Jumat, 26-04-2019.

Agus mengakui setiap penanganan psikis harus dikenakan tarif standar yang sudah ditetapkan pemerintah, tapi karena sisi kemanusiaan dan persoalan bangsa pihaknya ikut proaktif memberikan layanan. “ ada regulasi  mengenai tarif yang sudah ditetapkan pemerintah, apalagi layanan unit psikologis berada di pasilitas pemerintah. Tapi  dalam hal ini tidak dipungut biaya  sebagai bentuk kemanusiaan kepada masyarakat, “ ujarnya.

Dia juga memahami kondisi psikis  para calon yang mengalami defresi  karena mereka mengeluarkan investasi besar tapi hasilnya  tidak sesuai dengan ekspektasi.(harry gibrant)