UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

150 Pengawas SBMPTN Ikuti Pengarahan

[www.uinsgd.ac.id] Sejumlah 150 pengawas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari kepanitiaan lokal UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti pengarahan yang disampaikan oleh H. Cecep Nurul Alam, ST., MT. di Aula Rektor, Gedung Al-Jamiah Lt 2 pada Selasa (11/06).

Menurut Cecep yang terpenting dari pengarahan pengawas SMBPTN “Saling mengoreksi, menjaga nama baik almamater supaya para pengawas itu tidak ada yang datang terlambat karena 60 menit sebelum acara dimulai sudah berada di lokasi,’ paparnya

Tugas utama pengawas itu, “Yang paling penting itu, bagaimana cara membagikan dan mengumpulkan soal dan lembaran yang betul,” sambungnya.  

Cecep mengingatkan kepada seluruh pesengawas, “Kunci dari seorang pengawas itu terletak pada pengisian BAU2,” tegasnya.

Undang Syaripudin, M. Kom  salah satu panitia menambahkan, “Kepanitiaan tahun sekarang berbeda dengan tahun kemarin, sebagian besar pengawas yang berasa dari PTN kepanitian lokal pengarahan pengawasnya ditempatkan di PTN tersebut. Namun juga ada yang ditempatkan di luar PTN tersebut. Untuk jumlah pengawas yang mengikuti pengarahan dari Pa Cecep itu sebanyak 150 orang,” jelasnya.

Ditemui pada tempat terpisah, seorang panitia lokal, Irfan membenarkan perihal tersebut. “Semua pengawas wajib mengikuti pengarahan, bagi yang tidak hadir, bisa ikut pengarahan di PTN lain, sesuai dengan jadwal yang tersedia, misalnya di ITB. dilaksanakannya di UIN karena jumlahnya sedikit, sementara bagi Guru SMA yang ikut mengawas ikut pengarahan di PTN lain seperti Unpad. Ia menjelaskan bahwa untuk tahun sekarang kategori jurusan IPA, IPS, dan IPC diganti menjadi Saintek, Sosial Humaniora, dan Campuran.

Dalam pengarahan tersebut, semua pengawas diwajibkan untuk mengisi Surat Pernyataan (SPU01).

Ujian Tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tanggal 18-19 Juni 2013 dan atau Ujian Keterampilan pada tanggal 20-21 Juni 2013.

 Peserta harus sudah sampai di lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai dan menunggu sampai dipersilakan masuk oleh pengawas ujian.

Jangan lupa membawa Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2013 dan fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir oleh sekolah asal atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Asli dari Kepala Sekolah ketika mengikuti ujian.***[Dudi, Ibn Ghifarie]