UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

14 orang Lulus Wings Day Menwa KI BS UIN

[www.uinsgd.ac.id] Suasana haru memenuhi acara pembaretan yang diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa Kompi  BS UIN, pada pagi Senin (09/07/2012) di pelataran Parkir UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan berselimut lumpur, sejumlah 14 orang anggota Baru Menwa sebagian berkaca-kaca. Setelah berjuang selama kurang lebih tingga minggu akhirnya mereka dinyatakan lulus sebagai anggota Resimen Mahasiswa Kompi BS UIN.

Usai acara pembaretan, anggota baru Menwa Kompi BS UIN disambut oleh orang tuanya masing-masing serta diberi selamat oleh para senior dan pelatih yang turut hadir pada penutupan pembaretan tersebut.

Menurut Komandan Kompi UIN, Gina Amelia, ke-14 Anggota Menwa tersebut merupakan hasil seleksi dari calon Anggota Menwa yang mendaftar sejumlah 20 orang pada pertengahan Juni lalu. “Ke 14 orang tersebut 3 mahasiswa dari luar UIN, yaitu dari STAI Adzakiroh dan STAIMA Banjar, dan 11 orang dari mahasiswa UIN Bandung,”tutur Danki Gina kepada Pusinfokom.

Selama 3 minggu mereka berjuang untuk menjadi anggota Menwa. “Faktor utama yang menjadi penilaian seleksi  adalah penilaian secara fisik, seperti kesehatan, atau istilah kami itu SMAPTA,”lanjutnya.

Menurutnya, adapun proses penilian kelulusan secara bertingkat dilakukan dalam 3 tahap setelah tahap fisik, yaitu Pradik atau prapendidikan selama sepuluh hari, kemudian diksar selama satu minggu, secara dan latihan pemantapan selama 4 hari yang berakhir hingga hari kemarin (Minggu, 08/09/2012) dan terakhir pembaretan tanggal 9 Juli hari ini, Senin.

Adapun kehadiran peserta dari luar UIN SGD Bandung, karena Kompi BS UIN membawahi perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kopertais Jawa Barat.”Rencananya dari STAI akan mendirikan Kompi Baru, dan Kompi BS UIN nantinya menjadi Batalyon, ya minimal secara keanggotaan ada 50,”jelas Gina.

Adapun acara pembaretan selain dihadiri oleh orang tua, juga oleh pelatih dan senior dari Menwa Kompi BS UIN Bandung.***[dudi]