UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

13 Jurnal UIN SGD Bandung Terakreditasi Nasional 2018

[www.uinsgd.ac.id] Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung tengah memacu peningkatan jurnal ilmiah mulai dari persiapan, tata kelola, pendaftaran akreditasi, dan target Akreditasi Nasional.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. Mahmud, M.Si., secara deklaratif dinobatkan sebagai pemimpin jurnal. Sedangkan para dekan berperan sebagai pemimpin jurnal di tingkat Fakultas, teramsuk Pascasarjana yang dipimpin oleh Direktur.

“Pengelola jurnal bekerja sesuai koordinasi pemimpin jurnal,” ungkap Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN SGD Bandung, Dr. Wahyudin armalaksana, M.Ag., Jumat (02/10/2018) di Kampus I, Jalan A.H. Nasution 105, Cibiru, Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Yudi ini mengatakan, kerja keras pengelola jurnal telah membuahkan 13 jurnal ilmiah terakreditasi dengan berbagai peringkatnya di Science and Technology Index (Sinta). Dari 13 jurnal tersebut, kata Yudi, Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Jurnal Agro Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) masuk peringkat 2 Sinta.

Sementara lima jurnal ilmiah lainnya masuk kategori Sinta 3. Kelima jurnal tersebut yaitu Wawasan, jurnal ilmiah agama dan sosial budaya Fakultas Ushuluddin; Psympathic, jurnal ilmiah psikologi Fakultas Psikologi; Jurnal Online Informatika Fakultas Sains dan Teknologi; International Journal of Nusantara Islam Pascasarjana; dan Tadris Kimiya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Sedangkan yang masuk kategori Sinta 4, yakni Jurnal Biodjati Fakultas Sains dan Teknologi, Al-Bayan, jurnal Studi Ilmu Alquran dan tafsir Fakultas Ushuluddin; Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol (TELKA) Fakultas Sains dan Teknologi; Jurnal BioedUIN Program Studi Pendidikan Biologi; dan Jurnal Analisa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Terakhir Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISPO) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik masuk kategori Sinta 5,” kata Yudi.

Menurut Yudi, pemimpin jurnal berharap agar setiap program studi memiliki jurnal terakreditasi untuk kemajuan dan meningkatnya kompetensi UIN Bandung. “Ini akan menjadi komitmen bagi para pengelola sebagaimana diamanatkan pemimpin jurnal,” pungkas Yudi. (B.47)

Sumber, Galamedia 3 November 2018