UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

11 Perusahaan Ikuti Career Days UIN SGD Bandung

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karier UIN SGD Bandung sukses menyelenggarakan Career Days (Job Fair) di Kampsu UIN SGD Bandung, Jalan A.H. Nasution Kota Bandung, pada Selasa-Rabu (5-6/3/2019). Dalam career day tersebut diisi oleh 11 perusahaan/institusi, 5 di antaranya dalah lembaga pendidikan.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Mahmud mengusung tema “Unlocking Your Potential Power” tersebut, bertujuan sebagai upaya UPT Pusat Karier untuk mempertemukan para pencari kerja dan yang membuka lowongan pekerjaan.

Ketua UPT Pusat Karir, Betty Tresnawaty mengatakan, tema yang diangkat merupakan kelanjutan dari tema Career Days yang pertama pada tahun lalu, yaitu “Discovering Your Best Version here”.

“Jadi tema ini kelanjutan dari tema Career Days di September tahun lalu. Tema tadi memiliki arti, setelah menemukan diri sendiri, maka sudah saatnya mengeluarkan kekuatan terbaik yang dimiliki oleh pribadi dari masing-masing,” ungkap Betty, Rabu (6/3/2019).

Betty menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan di awal tahun ini dilatarbelakangi oleh hasil riset yang menunjukan bahwa beberapa perusahaan, banyak mencari tenaga kerja ataupun membuka lowongan pekerjaan di awal tahun.

“Job Fair umumnya dilaksanakan akhir tahun. Termasuk Career Days tahun lalu juga, dilaksanakan akhir tahun. Tapi tahun ini kami memilih melaksanakan di awal, karena ternyata hasil riset kami perusahaan membuka lowongan pekerjaan maypritas di awal tahun,” ujar Betty.

Betty menambahkan, ada beberapa poin yang menjadi nilai tambah bagi mahasiswa ataupun alumni yang mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah akan bertambahnya referensi atau bacaan buku yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan, pada pelaksanaan Career Days yang kedua ini, UPT Pusat Karier sekaligus membuka bursa buku yang menyediakan berbagai judul dari berbagai penulis.

Selain itu, kegiatan yang dibuka untuk seluruh Mahasiswa UIN SGD Bandung, alumni dan umum ini, memiliki rangkaian acara seperti seminar dari berbagai perusahaan, expo, dan konseling. Seminar diisi oleh presentasi instansi atau perusahaan yang menjadi peserta Career Days.

Program tersebut, katanya dirancang untuk memenuhi kepentingan instansi atau perusahaan/industri dalam mempromosikan institusinya secara efektif. Instansi atau perusahaan diberikan kesempatan untuk menginformasikan profil, fasilitas, lowongan kerja perusahaan kepada para peserta/pencari kerja, sehingga perusahaan dapat semakin dikenal oleh seluruh peserta/pencari kerja yang hadir pada kegiatan Career Days tersebut.

Sementara itu, Expo atau kegiatan rekruitmen dilaksanakan untuk memberikan kesempatan pada instansi/ perusahaan dalam melakukan kegiatan rekrutmen dari peserta/pencari kerja yang telah melamar/mendaftarkan diri pada saat Career Days. Dan konseling/bimbingan karier, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para peserta yang membutuhkan bimbingan karier yang sesuai dengan kemampuan, jurusan, maupun bakatnya.

“Keuntungan lain bagi Mahasiswa atau alumni ketika mengikuti Career Days ini selain ada lowongan pekerjaan mereka juga bisa langsung melamar ke perusahaan yang menjadi minat mereka. Dan yang penting, mereka juga bisa lebih mengenal perusahaan dari sesi seminar yang juga nanti akan banyak doorprize yang disediakan,” ujar Betty.

Betty berharap, dengan dilaksanakannya Career Days yang kedua oleh UPT Pusat Karier ini, akan cukup memberikan informasi kepada mahasiswa ataupun alumni untuk lebih mengetahui bahwa UIN SGD Bandung akan secara rutin setiap tahunnya mengadakan kegiatan tersebut, sebagai salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. (Hj. Eli Siti Wasliah, Kiki Kurnia/Galamedia News)

Sumber, Galamedia News Rabu, 6 Maret 2019 | 15:34 WIB