id Indonesian

Adab dan Humaniora

Sejarah

Fakultas Adab didirikan berdasarkan Statuta, Organisasi dan Tata kerja UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 1993, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI nomor 393 dan nomor 407 tahun 1993, dengan dua Jurusan, yaitu Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa dan Sastra Arab, bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional di bidang bahasa, sastra, sejarah peradaban dan ilmu-ilmu humaniora.

Tahun 1998 dilengkapi dengan Jurusan/Program Studi Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris berdasarkan Kep. Ditjen Binbaga Islam Nomor 114 tahun 1998, tahun 2002 dilengkapi dengan Program Diploma 3 Terjemah Bahasa Arab dan Terjemah Bahasa Inggris, bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional di bidang bahasa, sastra, sejarah peradaban dan ilmu-ilmu humaniora lainnya.

 VISI

Unggul dan Kompetitif dalam Kajian Adab dan Humniora berbasis Khazanah Lokal Islam di tingkat Asean pada 2025

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik dan profesional dalam bidang Adab dan Humaniora yang integratif – holistik dan mampu mengembangkan khazanah lokal islam
  2. Melakukan kajian dan penelitian yang integratif – holistik dalam bidang Adab dan Humaniora yang berorientasipada pengembangan khazanah lokal islam.
  3. Menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil kajian keilmuan tersebut melalui pengembangan kepada masyarakat.terutama dalam konteks pengembangan khazanah lokal islam

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sarjana Humaniora (S.Hum). dan Ahli Madya (A.Md.) yang profesional dan kompetitif dalam bidang Adab dan Humaniora disertai dengan keteguhan iman, keilmuan akhlaq (akhlaqul karimah) dan keunggulan amal sehingga mampu bersaing dengan lulusan manapun dari fakultas dan program studi serumpun, baik ditingkat lokal,nasional, maupun regional.
  2. Menghasilkan Sarjana Humaniora (S.Hum). dan Ahli Madya (A.Md.) yang mampu mengembangakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajarinya secara terpadu antara bidang Adab dan Humaniora berbasis khazanah lokal islam.
  3. Menghasilkan Sarjana Humaniora (S.Hum). dan Ahli Madya (A.Md.) yang mampu mengabdikan ilmunya di tengah – tengah masyarakat secara terpadu antara bidang Adab dan Humaniora berbasis khazanah lokal Islam.

STRUKTUR PIMPINAN

Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag.,M.Si, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)

Dr. H. Dadan Rusmana, M.Ag, Wakil Dekan I Bidang Akademik

Dr. H. Dedi Supriadi, M.Ag., M.Hum, Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan

Dr. H. Ading Kusdaiana, M.Ag, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama

Dr. Samsudin, M.Ag., Ketua Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam

Dr. Widiati Isana, M.Ag., Sekretaris Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam

Dr. Asep Supianudin, M.Ag., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

H. Mawardi, MA., Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Dr. Andang Saehu, M.Pd., Ketua Jurusan Sastra Inggris

H. Nurholis, S.S, M.Hum, Sekretaris Jurusan Sastra Inggris

Dr. Suparman, M.Ag., Ketua Laboratorium


Ati Rahmawati, M.Ag, Kepala Bagian Tata Usaha


Anita Rantini, S.TH.I, Kepala Sub Bagian


Jajang, S.Pd.I, Kepala Sub Bagian

Info selengkapnya baca laman http://fah.uinsgd.ac.id/web/