UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Visi Misi Prodi S1 MPI FTK UIN SGD Bandung

Sejarah MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan/Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan kelanjutan dari Jurusan Kependidikan Islam (KI) berdasarkan SK Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung No: IN.10/0/PP/00.9/17/1996 tanggal 4 Juli 1996 tentang Penetapan Jurusan pada Fakultas di Lingkungan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selanjutnya Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung mengeluarkan Keputusan Nomor 12 Tahun 2002 Tanggal 6 Juni 2002 tentang Gelar Lulusan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menetapkan bahwa Jurusan KI (yang memiliki dasar izin operasional KMA 27/1995) lulusannya bergelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I). SK Rektor tentang Jurusan KI (Kependidikan Islam) tersebut selanjutnya diperkuat dengan dikeluarkannya Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor DJ.J/385/2008 tanggal 27 Oktober 2008 tentang Perpanjangan Izin Penyelengaraan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), sehingga Jurusan KI memiliki masa perpanjangan selama 5 tahun (dari tanggal 27 Oktober 2008 sampai 27 Oktober 2013). Jurusan KI memiliki akreditasi A Berdasarkan Keputusan BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional No. 025/ BAN-PT/AK-X/S1/X/2007, yang berlaku sampai 26 Oktober 2012. Kemudian Jurusan KI melakukan Re-Akreditasi kembali dan hasilnya keluar Surat Keputusan BAN-PT No. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 yang menyatakan Jurusan KI kembali mendapatkan Akreditasi A.

Sebagai salah satu jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan KI dihadapkan pada tuntutan menyesuaikan diri dengan adanya Peraturan Menteri Agama (PMA No.36 Tahun 2009) tentang Penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam, sehingga Jurusan Kependidikan Islam berubah menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Merespon kebijakan tersebut, sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Ketua Jurusan Kependidikan Islam (Dr. Badrudin, M.Ag.) melakukan konsultasi dengan kasubdit Akademik Direktorat Perguruan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada hari senin tanggal 12 Maret 2012 mengenai rencana pengembangan Jurusan KI menjadi Jurusan/Program Studi Manajemen Pandidikan Islam. Pihak Kementerian Agama menyarankan agar segera merespon PMA Nomor 36 Tahun 2009 tersebut. Proses yang ditembus oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu segera mengadakan rapat senat pada hari Kamis, tanggal 22 Maret 2012. Rapat senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN menyetujui rencana perubahan jurusan/Prodi KI menjadi MPI. Kemudian Tim Pengembang menyiapkan dokumen kelengkapan dan mengajukan perubahan jurusan KI menjadi MPI melalui dekan FTK ke Rektor UIN SGD Bandung. Rektor UIN SGD Bandung kemudian meneruskan proposal kelengkapan dokumen tersebut ke Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 625 Tahun 2012, tanggal 31 Mei 2012. Setelah terbentuknya Jurusan MPI, jurusan/Prodi MPI menyiapkan borang untuk melengkapi persyaratan akreditasi BAN-PT. selanjutnya BAN PT mengeluarkan Surat Keputusan hasil Akreditasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FTK UIN SGD Bandung dengan No. 093/SK/BNA-PT/ Akred/S/III/2014 yang menempatkan Jurusan/Program Studi MPI FTK UIN SGD Bandung mendapatkan nilai Akreditasi A dari BAN PT berlaku selama lima tahun dari 21 September 2013 sampai dengan 21 September 2018.

Sebagai Program studi baru, Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam sudah menyiapkan segala pranata dan infrastruktur yang diperlukan bagi penyelenggaraan program studi termasuk perumusan kurikulum. Perumusan Kurikulum MPI FTK UIN SGD Bandung yang pertama dilakukan pada hari kamis, tanggal 20 September 2012. Kemudian dikembangkan dengan dilakukannya workshop pengembangan kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk meningkatkan mutu pendidikan pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam maka dilakukan lagi workshop peninjauan dan penyempurnaan kurikulum pada tanggal 14 Mei 2013, sehingga menghasilkan kurikulum yang memadai.Jurusan/Program Studi MPI telah beberapa kali melakukan penerimaan mahasiswa dan membatasi jumlah mahasiswa yang diterima.

Tujuan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Program Studi S.1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung bertujuan:

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan (tenaga administratif) pada pendidikan formal di berbagai jalur, jenis dan jenjang lembaga pendidikan Islam dan organisasi/instansi yang menangani pendidikan Islam. 
  2. Menghasilkan pengelola lembaga pendidikan keagamaan Islam (pesantren, madrasah diniyyah dan majlis taklim) dan lembaga pendidikan non formal. 
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan sebagai pendidik pada SMK/MAK bidang manajemen dan administrasi. 
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan sebagai peneliti di masyarakat. 
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan sebagai trainer sumber daya manusia. 
  6. Menghasilkan produk inovasi ilmu manajemen pendidikan Islam berbasis riset yang terpublikasi secara global

 

Visi Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Menjadi program studi yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia pada tahun 2023.
.

Misi Prodi Manajemen Pendidikan Islam

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan pelatihan manajemen pendidikan Islam dengan model pembelajaran berbasis riset untuk meningkatkan mutu lulusan. 
  2. Melaksanakan budaya riset civitas akademik untuk inovasi dan publikasi ilmu manajemen pendidikan Islam.
  3. Mengembangkan pengabdian dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah dan kemasyarakatan baik nasional maupun internasional.