Lembaga Pembinaan Bahasa atau disingkat menjadi LPB adalah salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sesuai dengan namanya LPB merupakan satu-satunya UKM di UIN SGD Bandung yang concern terhadap Bahasa khususnya dalam Bahasa Inggris dan Arab.

Semenjak berdirinya pada tanggal 8 Mei 1995 LPB telah turut serta membimbing para Mahasiswa UIN SGD Bandung dalam mendalami dua bahasa tersebut. Sehingga dalam sejarahnya LPB telah berhasil menelurkan beberapa prestasi diantaranya:
– Juara II Lomba Pidato bahasa Arab Tingkat Mahasiswa se-Jawa-Bali UKM Nafilah Semarang
– Juara II lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa dan Umum se-Jawa Barat
– Juara III Retelling Story GEBYAR SAEED 2003
– Juara III Syarhil Qur`an GEBYAR SAEED 2003
– Juara III English Speech Contest HMJ PBI 2000
– Juara II Lomba Pidato Bahasa Arab PIONER IAIN se-Indonesa

Dalam sejarahnya LPB telah dipimpin oleh orang-orang yang kompeten diantaranya:
– Zaenal Muttaqin, tahun 1996-1997
– Wahid Abdul Qudus (PBA), tahun 1997-1998
– Rusli Syauki (PBA), tahun 1998-2000
– Abdul Dalil Hermawan(Jurnalistik), tahun 2000-2001
– Khoirul Anwar, tahun 2001-2002
– Maryam Nurfarida (PBI), tahun 2002-2003
– Hesti Susanti (PBI), tahun 2003-2004
– Miman Abdurrahman (PMI) tahun 2005-2006
– Ika (BSI) tahun 2007-2008
– Siska I (BSI), tahun 2009-2010
– M. Aulia Ramdan (AS), tahun 2010-2011
– Ade Ali Rahmatullah (BSI), tahun 2011-2012

Dalam kegiatannya LPB mencoba memfokuskan diri untuk menggunakan kedua bahasa itu dalam keseharian, adapun sebagai bahan bantuannya untuk memudahkan dan mendalaminya LPB mengadakan beberapa program yang bisa diikuti oleh para anggota, diantaranya:

1. Weekly meeting
Merupakan sebuah kegiatan share to share bagi para anggota yang biasanya juga diisi oleh pakarnya seperti dosen dan native speaker. Kegiatan ini kami sediakan dalam 2 kali pertemuan dalam seminggu dan itupun setelah disesuaikan sebelumnya dengan jadwal yang ada pada kawan anggota LPB.

2. Konsultasi Study
Bagi kawan-kawan anggota LPB juga bisa berkonsultasi kepada kawan sesama LPB ataupun pakar-pakar yang ada di LPB apabila mengalami kesulitan dalam penggunaan bahasa baik dalam pengucapan atau penulisan untuk tugas dan lain sebagainya.

3. Smart Cooking
Bagi kawan-kawan yang hobi memasak dan makan-makan, kami disinipun memberikan tempatnya, akan tetapi dalam prosesnya tentu segala sesuatunya memamakai bahasa Arab atau Inggris.

4.Music Corner
LPB tak kalah up to date tentang musik. Program ini menyajikan pembelajaran mengenai bahasa dalam musik dengan menngunakan beberapa cara seperti missing lyric misalnya ataupun lainnya. Dengan begitu selain kawan-kawan anggota dapat bernyanyi dengan merdu juga dapat mengerti apa yang dinyanyikannya ^^.

5. Training Leadership and Language
Sebagai sebuah wadah organisasi LPB juga mengadakan Training Leadership tapi pelatihan di dalamnya tentu akan berbeda dengan pelatihan-pelatihan lainnya, LPB akan lebih menekankan pada pemimpin yang akan terampil dalam bahasa.

untuk keterangan lebih lanjut kawan-kawan calon anggota bisa berkunjung ke office LPB di Gedung Student Center (UKM) Lantai 2 No. J.4 atau bisa melalui email di lpb.bdg@gmail.com bisa pula dengan mendaftar pada situs jejaring sosial LPB di www.lpb.grou.ps

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter