UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN SGD Bandung Semakin Maju & Unggul

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Dr H Mahmud, M.Si mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan universitas, fakultas, dan unit-unit serta semua sivitas akademika atas kekompakan membangun dan mengembangkan Kampus UIN SGD sehingga menjadi lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari berbagai prestasi yang diraih dan beberapa keunggulan dari perguruan tinggi lain, terutama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

“Perlu diketahui, Perpustakaan kita menjadi rujukan nasional. Selain sudah menggunakan sistem digital (berbasis IT), akreditasinya pun meraih nilai A dengan skor 92,1,” ujar Prof Mahmud, dalam sambutan Halal Bilhalal “Silaturahmi” antara pimpinan dengan segenap karyawan dan dosen di Gedung Anwar Musaddad Kampus UIN Bandung, Selasa (26/06/2018).

Tausiah halal bilhalal disampaikan oleh Prof Dr HT Fuad Wahab, dihadiri oleh 4.000 mustami’ dari kalangan dosen dan karyawan, para tokoh, pendiri, mantan rektor, serta pensiunan. “Karena kita kompak, semua program studi terbebas dari nilai Akreditasi C. Yang membanggakan lagi, Prodi Pendidikan Matematika, menjadi prodi umum pertama yang meraih nilai akreditasi A di lingkungan PTKIN se-Indonesia. Kita juga menjadi pemenang SINTA Award di antara PTKIN karena meraih skor tertinggi selama 3 tahun belakangan ini,” jelasnya.

Menyinggung soal peraihan sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), UIN SGD tetap menjadi pionir dan unggul karena terbanyak yakni meraih 230 setifikat HAKI. Pun, karya ilmiah yang dipublish di jurnal terindeks Scopus (internasional) mencapai 197 dokumen, dalam hal ini UIN SGD ada di peringkat kedua setelah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mengakhiri pidatonya, Rektor menegaskan kembali obsesi besarnya ingin melahirkan Sarjana Ulama Zaman Now, yang diproduk di Rumah Al-Qur’an Kampus III UIN SGD. “Rumah Al-Quran ini selain melahirkan Hafizh Qur’an, juga memproduk Sarjana Ulama Zaman Now yang berbasis IT. Rumah Al-Quran dibangun dari berbagai jalur, termasuk bantuan dan dukungan para Bupati/Wali Kota baik secara moril maupun materil,” pungkas Rektor. (Nanang Sungkawa)