UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN SGD Bandung Gelar Halalbihalal 1439 H

[www.uinsgd.ac.id] Keluarga Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Halalbihalal Idulfitri 1439 Hijriah bertajuk “Memperkokoh Semangat Kebersamaan dalam Bingkai Akhlak Karimah” dengan menghadirkan tausiyah dari Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab di gedung Anwar Musaddad, Selasa (26/06).

Kegiatan ini diikuti segenap keluarga besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, meliputi para pimpinan, pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan sejumlah mitra UIN. Dalam sambutannya Rektor Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menjelaskan atas keberhasilan UIN SGD Bandung dalam bidang penelitian dan publikasi; 

Pertama, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sinta Score Tertinggi Kinerja Publikasi Ilmiah selama 3 (tiga) tahun, sejak 2016 sampai 2018 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kedua, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani sebagai Pemenang Penghargaan Sinta bagi Penulis Artikel Ilmiah dengan Sinta Score Tertinggi Kategori Perguruan Tinggi Keagamaan dalam rangka Sinta Awards Tahun 2018 Kemenristekdikti RI. Ketiga, Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tertinggi di PTKI Kemenag RI.
Keempat, Publikasi Scopus yang mencapai 197 dokumen, dengan posisi kedua setelah UIN Jakarta. Kelima, Sebanyak 9 jurnal terakreditasi nasional.

Prestasi lain yang telah ditorehkan, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) berhasil meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). “Satu-satunya Prodi Pendidikan Matematika pertama di PTKIN yang mendapatkan nilai akreditasi A,” tegasnya.

Untuk Perpustakaan UIN SGD Bandung meraih nilai akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. “Alhamdulillah berkat nilai A ini,  Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) dan Perpustakaan umum telah menyelenggarakan workshop, seminar nasional dan rapat kerja nasional (Rakernas) di perpustakan UIN SGD Bandung,” jelasnya.  

Menurut Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab cara memperkokoh semangat kebersamaan di lingkungan UIN SGD Bandung “Mari kita terus bersama-sama menampilkan prestasi-prestasi yang dapat membanggakan kampus tercinta dengan akhlak mulia,” tegasnya.

Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab berpesan kepada civitas akademika, “Setelah kita mengisi ramadan dengan rasa malu. Segala amalan dan perbuatan baik selama ramadan itu perlu kita terus tingkatkan. Untuk konteks peningkatan kualitas dan mutu di lingkungan UIN SGD Bandung, misalnya dalam kerangka bekerja antara atasan dan bawahan ketika ada persoalan harus cepat-cepat diselesaikan dengan menampilkan akhlak mulia, baik, bukan membuka aibnya.”