UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sosialisasi & Launching Website Pusat Karir

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si meresmikan website Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir karir.uinsgd.ac.id di Aula Gedung Rachmat Djatnika Lt.1, Jumat (10/8/2018). Acara Sosialisasi & Launching Website Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir UIN SGD Bandung, dihadiri unsur pimpinan dari mulai Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan, Ketua Lembaga, sampai Presiden Mahasiswa.

Dalam sambutannya Rektor menuturkan, dengan adanya Pusat Karir ini dinilai sebagai ikhtiar yang maksimal untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan untuk alumni dan institusi. “Selain itu, menjadikan memiliki alumni memiliki ruang, karena sudah ada posko yang bisa didatangi,” tegasnya.

Setelah launching ini, akan diadakan pelatihan pembuatan CV dan surat lamaran pekerjaan. “Itu adalah langkah yang luar biasa, karena ada rasa tanggung jawab dari pihak kampus terkhusus UPT Pusat Karir,” paparnya.

“Saya sangat merepson dan berbangga pada Pusat Karir yang baru seumur jagung namun progresnya baik. Dengan adanya UPT untuk kepentingan alumni ini, tidak akan ada lagi istilah alumni kebingunan untuk mencari ruang,” jelasnya.

Rektor berharap, “semoga UPT ini dapat memberikan manfaat baik bagi mahasiswa atau alumni terlebih pada instansi untuk kepentingan akreditasi. Mudah-mudahan UPT ini dapat memberikan perubahan pada akreditasi yang tadinya ‘B’ menjadi ‘A’,” pungkasnya.

Pusat Karir merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 122/Un.05/II.2/KP.07.6/07/2018 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Personalia Unit Pelaksana Tenis Pusat Karir UIN Sunan Gunung Djati Bandung tertanggal 11 Juli 2018.

Ketua Pusat Karir, Dr. Betty Tresnawaty, S.Sos, M.I,Kom. menjelaskan “UPT Pusat Karir merupakan Unit Pelaksana Teknis yang berfungsi sebagai jembatan antar alumni atau mahasiswa dengan perusahaan atau instansi melaksanakan tugas sebagai konselor karir dan wirausaha dan mediator,” tegasnya.

Visi Pusat Karir UIN Sunan Gunung Djati adalah menjadi pusat informasi, pengembangan diri, dan pelayanan rekrutmen di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Misinya adalah membangun unit yang mengedepankan profesionalisme, saling menghargai, dan beretika (berakhlakul karimah); memberikan informasi rekrutmen yang efektif dan solutif kepada alumni dan perusahaan; dan memberikan dukungan pada fakultas dan universitas dalam mengembangkan karir mahasiswa dan alumni, serta kerja sama dengan dunia industri,” jelasnya.

Upaya mewujudkan visi dan misi ini Pusat Karir membuat program kerja yang telah direncanakan, “konsultasi masa depan untuk mahasiswa; pelatihan pengembangan diri atau soft skills untuk mahasiswa semester akhir; penyelenggaraan job fair atau career days setiap satu tahun sekali; dan persiapan tracer study (melacak alumni yang sudah berhasil di luar),” paparnya.

Untuk mempermudah mencari informasi dan komunikasi maka Pusat Karir UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuat website dengan alamat: karir.uinsgd.ac.id; E-mail: karir@uinsgd.ac.id; media sosial: karir_uinsgd; Telepon yang bisa dihubungi (022) 7800525, (022) 7802844. [Humas Al-Jamiah]