UIN Sunan Gunung Djati Bandung

RSJ Choir Raih Juara Pertama UCF 2018

[www.uinsgd.ac.id] Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ) berhasil raih juara pertama dalam UIN Choral Festival (UCF) 2018 yang diadakan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Bandung. Berbeda dengan tahun sebelumnya, perlombaan paduan suara tahun ini tidak hanya diperuntukkan bagi jurusan di UIN Bandung, tetapi juga terbuka untuk umum. Meski tanggal perlombaan sempat diundur karena sejumlah alasan, UCF 2018 akhirnya dilangsungkan di Aula Student Center sepekan kemudian dari tanggal seharusnya, Jumat (4/5/2018).

Mempertahankan gelar juara sangatlah tidak mudah bagi RSJ. Banyak kendala yang harus dihadapi menjelang perlombaan. ”Di H-1, kita masih banyak bercanda, kita masih kurang fokus dan selalu dapat evaluasi,” tutur Ketua RSJ Albath Gala Putra.

Lebih lanjut Albath menyampaikan usaha keras yang perlu dilakukan adalah dengan mengasah dan melatih kekompakan, keseriusan, serta latihan yang rutin. RSJ mempersiapkan lomba selama satu bulan, yakni dengan latihan sebanyak empat hari di minggu pertama. Kemudian di minggu-minggu berikutnya mengadakan latihan setiap hari.

Tim paduan suara diharuskan membawakan masing-masing satu lagu wajib dan lagu bebas. Lagu wajib yang dimaksud berjudul Abendlied ciptaan Josef Rheinberger dari Jerman. Dibalut kostum bernuansa hitam dipadu warna krem, RSJ menyuguhkan lagu bebas O Ina Ni Keke, lagu daerah asal Manado, Sulawesi Utara. Kriteria penilaian sendiri yaitu 70% dari kualitas suara, selebihnya dari kostum, koreo, dan aransemen.

Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ) harus bersaing dengan lima paduan suara lain yakni Manasuara Choir jurusan Manajemen, Symphoni Choir jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Marantika Choir dari STMIK Sumedang, Voisa Choir dari Universitas Sangga Buana YPKP, dan Lisma UNPAS Choir dari Universitas Pasundan Bandung.

Hasil akhir UCF 2018 menobatkan tiga juara paduan suara yaitu Riungan Suanten Jurnalistik sebagai juara pertama sekaligus juara bertahan. Juara kedua diraih oleh Manasuara, dan juara ketiga Voisa Choir. (Eneng Nurjanah, Reta Amaliyah Shafitri/Jurnal Pos Media)