UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Matematika FTK UIN Terakreditasi A

[www.uinsgd.ac.id] Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Sebelumnya, akreditasi untuk Pendidikan Matematika ini hanya mendapatkan nilai B. Alhamdulillah setelah kami melakukan re-akreditasi hasilnya memuaskan,” ungkap Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Tedi Priatna didampingi Kasubbag Humas, Drs. H. Rohman Setiaman, di Kampus I, Jalan A.H. Nasution 105, Cibiru, Kota Bandung, Jumat (7/6).

Dijelaskannya, visitasi akreditasi program studi Pendidikan Matematika dilaksanakan sebulan lalu Kampus II, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Senin, 28 Mei 2018. Tim asesor terdiri atas tiga orang, yakni Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc. (Universitas Negeri Padang), Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedya, M.S. (Universitas Brawijaya).

Dikataannya, sebelumnya Prodi Pendidikan Matematika terakreditasi B dengan nomor SK BAN PT: 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, tertanggal 20 Juli 2013. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Menurutnya, raihan akreditasi A menambah semangat dan optimisme bagi FTK untuk mencetak para calon tenaga pendidik dalam bidang studi pendidikan matematika. “Tentu saja kami juga merasa percaya diri untuk amanat dari masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat yang telah memberikan ksempatan kepada kami untuk menggodok calon tenaga pengajar dalam bidang matematika,” jelas Rohman.

Tedi menjelaskan, FTK memiliki sepuluh prodi, yakni pendidikan agama Islam (PAI), manajemen pendidikan Islam (MPI), pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), pendidikan bahasa Arab (PBA), pendidikan bahasa Inggris (PBI), pendidikan biologi, pendidikan matematika, pendidikan kimia, pendidikan fisika, dan bungsu Pendidikan Islam Anak Udia Dini (PIAUD).

Dari sepuluh program studi yang diselenggarakan tersebut, ungkap edi, menargetkan 50 % terakreditasi A. Prodi yang masuk pada targetnya itu yakni program studi dirosah yang meliputi PAI, MPI, PGMI, PBA, PIAUD, dan Matematika.
“50 persennya lagi akan kami laksanakan secara bertahap pada akreditasi berikutnya. Kami optimistis semua target dapat tercapai karena semua perlengkapan telah kami miliki,” ungkap Tedi seraya mengatakan bahwa fakultas yang dipimpinnya baru empat bulan menempati Kampus II di Jalan Soekarno- Hatta, Rancasari, Kota Bandung.

Sumber, Galamedia 09 Juni 2018