UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendaftaran Santri Ma’had Al-Jami’ah Telah Dibuka

[www.uinsgd.ac.id] Bersamaan dengan Penerimaaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Bandung tahun akademik 2018/2019, Ma’had Al-Jami’ah kembali membuka pendaftaran bagi santri angkatan ke-9 pada 23 Mei 2018.

Pembukaan pendaftaran santri baru ini sebenarnya telah dibuka melalui online pada 17 April lalu. Namun untuk agenda pendaftaran secara manual akan dilaksanakan 23 Mei 2018, bertempat di depan Gedung Santri Putra Mahad Al-Jami’ah.

Panitia Pelaksana, Nur Vatin Najihah mengatakan untuk tata cara pendaftaran akan lebih baik dilakukan melalui via chat, agar calon santri tidak perlu datang ke kampus. “Kami berusaha pendaftaran secara online, yaitu melalui via chat (Whatsapp). Sekarang sedang diusahakan dari kita untuk bikin google form,” ungkapnya saat ditemui, Senin (21/5/2018).

Sedangkan untuk tahap pendaftaran, sejumlah calon santri Ma’had Al-Jami’ah diharapkan mengikuti beberapa tahap diantaranya, pendaftaran baik online atau manual, placement test, dan pemberkasan. Pendaftaran gelombang 1 yang dibuka pada 17 April sampai 7 Juni 2018 dan untuk gelombang 2 pada tanggal 25 Juni sampai 11 Agustus 2018 mendatang.

Tanpa terkecuali diharapkan semua calon santri ikuti placement test. Pendaftaran placement test ini bertujuan untuk menentukan kelas calon mahasantri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Untuk jumlah kuota santri yang akan diterima untuk saat ini belum dipastikan, hal ini sehubungan dengan meningkatnya jumlah peminat UIN SGD Bandung tahun 2018. “Kalau kuota mahasantri masih belum pasti karena gedung sebelah masih perlu di fiksasi kan. Kemungkinan 400, namun kuota yang pasti masih belum.” pungkasnya.

Menyoal biaya, nantinya calon santri akan membayar Rp 2,8 juta rupiah dengan fasilitas tempat tidur, meja, kursi belajar, lemari pakaian, buku pembelajaran dan buku santri. Ma’had Al-Jami’ah juga memiliki kegiatan seperti pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris, kitab kuning, dan capacity building (pembangunan karakter). [Azizah Fadhilah Adhani, Lisna/Jurnal Pos Media]

Untuk mengetahui informasi seputar Ma’had Al-Jami’ah UIN SGD Bandung bisa membaca Brosur 1 dan Brosur 2