UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Teknik Informatika Gelar Visitasi Akreditasi Sistem SAPTO

[www.uinsgd.ac.id] Program studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UIN SGD Bandung menggelar Visitasi Akreditasi BAN-PT dengan menggunakan sistem SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) dari tanggal 12-14 Juli 2018 (Kamis-Sabtu), di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Acara tersebut dibuka Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M. Si, dihadiri Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr. H. Opik Taupi Kurahman, Wakil Dekan I, Dr. H. Cecep Hidayat, MP, Wakil Dekan II, Dr.Yani Suryani, S.Pd, M.Si, Ketua Prodi Teknik Informatika, Mohamad Irfan, ST,M.Kom, dan Ketua LPM Dr. Dindin Jamaluddin, M.Ag

Visitasi akreditasi mendatangkan Tim asesor BAN-PT yakni assesor I Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc,Ph.D (Universitas Indonesia) dan asesor II Dr. Ir. Raden Venantius Hari Ginardi,M.Sc (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Selama dua hari tim asesor BAN-PT melakukan asesmen lapangan, untuk mengecek borang yang sudah laporkan kepada BAN-PT, Tim asesor melakukan klarifikasi, evaluasi dan validasi data serta menggali semua informasi secara langsung. Selanjutnya, memberikan penilaian keterkaitan tujuan, input, proses dan output.

Hari pertama, tim asesor melakukan asesmen fasiltas pisik kampus dan hari kedua mengklarifikasi, mengevaluasi dan menilai bukti laporan borang. Tim asesor mengajukan 100 pertanyaan untuk program studi dan 44 pertanyaan untuk fakultas. 

Ada 7 katagori yang menjadi evaluasi dan penilaian tim sesor BAN-PT yakni: Pertama, Visi misi, tujuan, sasaran,serta strategi pencapaian; Kedua, Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; Ketiga, Kemahasiswaan dan lulusan; Keempat, Sumber daya manusia; Kelima, Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Keenam, Pembiayaan, prasarana, sarana dan sistem informasi; Ketujuh, Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si mengapresiasi visitasi akrediatsi BAN-PT tersebut. Ia berharap semua prodi yang ada di UIN Bandung bisa terkakreditasi dengan nilai A. ”Semoga Prodi Teknik informatika semakin bermutu dan berkualitas dengan predikat A,”harap Rektor optimis.

Ketua program studi Teknik Informatika, Mohamad Irfan, ST.M.Kom berharap dengan dilakukan visitasi akreditasi oleh tim asesor BAN-PT, kompetensi Prodi Teknik Informatika bisa meraih A sebagai indikator standar mutu program studi dan bisa mencetak lulusan yang berkualitas. Kini Visitasi BAN-PT Teknik Informatika menggunakan Sistem baru yakni Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). (HR/Humas Al-Jamiah)