UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa PMH Harus Terlibat di Komisi Fatwa MUI

[www.uinsgd.ac.id] Salah satu kompetensi Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) yg disepakati oleh Asosiasi Prodi PMH se-Indonesia adalah menjadi kader mufti. Maka, para mahasiswa PMH harus aktif dalam kegiatan apapun yang dapat membuka wawasan dan keterampilan dalam berfatwa.

Demikian ditegaskan oleh Ketua Jurusan PMH Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Dr Ayi Yunus Rusyana, M.Ag saat memberikan sambutan pada acara seminar rangkaian Milad yang ke-29 PMH FSH di Aula Anwar Musaddad Kampus UIN SGD, Rabu (18/04/2018).

Seminar, yang bertajuk “Istinbath Hukum dalam Menjaga Keutuhan NKRI” ini, menghadirkan narasumber dari MUI Prof Dr H Rahmat Syafei, Lc, MA; Dr H Mujiyo Nurkholis (NU Jabar); Drs Dadang Syarifuddin, M.Ag (Muhammadiyah Jabar); dan Dr Latief Awaluddin, SH, MA (PP Persis).

Menurut Dr Ayi, melibatkan ormas Islam dan MUI sebagai narasumber dalam seminar ini sangat penting, karena mahasiswa dalam 10 – 15 tahun ke depan akan menjadi the next leaders di berbagai ormas Islam dan MUI. Seminar tentang Istinbath Ahkam penting bagi mahasiswa untuk memperkuat wawasan yang selama ini dikaji di perkuliahan.

“Kami mengharapkan ormas Islam dan MUI dapat bekerjasama dengan Prodi PMH FSH UIN SGD, terutama menyediakan program magang mahasiswa untuk melakukan observasi atau terlibat di dalam proses pembuatan fatwa,” harap Dr Ayi.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FSH Dr H Ah Fathonih, M.Ag menjelaskan, kalau berbicara tentang keutuhan NKRI, maka harus dimulai dari diri sendiri, dengan cara menjaga kekompakan dan kesatuan. “Menjaga keutuhan NKRI akan sia-sia jika kita sendiri tidak kompak dan bersatu, masih terpecah, ada friksi, saling curiga,” kata Dr Fathonih, saat membuka acara seminar “Istinbath Hukum dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Menurut Dekan, keterampilan istinbath al ahkam merupakan inti dari keterampilan Jurusan PMH. “Kami pimpinan FSH mendukung apapun kegiatan yang bisa memperluas ilmu pengetahuan dan keterampilan istinbath al ahkam,” ujar Dekan, yang tidak lupa mengucapkan selamat Milad yang ke-29 Keluarga Besar Jurusan PMH, semoga mahasiswa PMH semakin dewasa, kreatif dan inovatif.(Nanang Sungkawa)