UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dede Yusuf Ajak Generasi Muda Aktif Berpolitik

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengajak generasi muda untuk aktif berpolitik tanpa mewajibkan diri untuk berafiliasi kepada partai politik tertentu.

“Para pemuda tidak harus ikut politik praktis dengan gabung di parpol. Tapi, kan, sekarang sudah banyak kelompok profesi dan society seperti HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), Pramuka, atau GP Ansor (Gerakan Pemuda Ansor),” katanya dalam seminar motivasi “Spirit of Indonesia” di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung, Senin (12/2/2018).

Bagi Dede, pengetahuan politik adalah hal yang penting bagi generasi muda. Melek politik itu harus karena para pemuda lah yang nantinya akan bertindak sebagai agen perubahan di negaranya. “Politik itu berkaitan dengan kebijakan, kekuasaan, pengaturan, pemerintahan, dan kemakmuran bersama. Makanya para pemuda diharapkan bisa melek politik,” katanya.

Selain itu, generasi muda yang melek politik akan selalu mengembangkan potensinya dan mengimplementasikannya untuk kebaikan bersama.

“Para pemuda adalah tumpuan bangsa. Sebagai pelaku politik tentunya mereka harus selalu menggali dan mengembangkan potensi diri mereka,” kata Dede. (Anggun Nindita Kenanga Putri,Asri Wuni Wulandari/Ayobandung)