UIN Sunan Gunung Djati Bandung

English Language Training For Islamic Studies

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan lembaga unsur pendukung universitas yang diposisikan sebagai lembaga yang melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi keterampilan berbahasa dalam rangka pengembangan aktivitas akademik dan mutu lulusan yang menjunjung tinggi profesionalitas. Kegiatan keterampilan berbahasa, utamanya bahasa Arab dan Inggris bagi mahasiswa merupakan prasyarat ujian munaqasah dibuktikan memiliki sertifikat Toafl dan Toefl dengan score yang telah ditentukan (Pedoman akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2015, hal; 49).

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai visi: menjadi lembaga yang andal di bidang kebahasaan dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan serta memperkukuh jati diri, karakter,  martabat UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk memperkuat daya saing world class university. Usaha mewujudkan lembaga tersebut diperlukan kegiatan yang khas akademik, Pusat Pengembangan Bahasa sebagai pelayanan khas akademik dibidang kebahasaan memberikan kontribusi sebagai fasilitator peningkatan kompetensi berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Usaha meningkatkan kinerja Pusat Pengembangan Bahasa dibutuhkan daya dukung yang kuat, pertama; Kinerja internal institusi Pusat Pengembangan Bahasa terfokus pada tujuan dan berdasarkan rasionalisasi program kerja untuk pencapaian tujuan, kedua; sinergisitas kebijakan pimpinan pengadaan fasilitas kerja Pusat Pengembangan Bahasa (SDM dan SDA) dan kebijakan yang mengarahkan kepada budaya berbahasa internasional bagi sivitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, ketiga;kesadaran dan aktualisasi pembelajaran berbahasa internasional dilingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai tuntutan tridarma perguruan tinggi. Pada akhirnya implementasi ketiga prasyarat tersebut terukur produk budaya berbahasa Indonesia, Arab, dan Inggris dilingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tantangan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menghadapi persaingan global adalah menempatkan sejajar dengan universitas-universitas terkemuka di dunia. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, budaya berbahasa internasional (Arab dan Inggris) menjadi instrument kunci untuk mencapai UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai universitas bertaraf internasional (world class university). Disadari intitusi Pusat Pengembangan Bahasa merupakan salah satu pemicu (driver force) terwujudnya budaya berbahasa internasional dan budaya berkualitas global melalui program yang diselenggarakan oleh Pusat pengembangan Bahasa, maka implementasi program Pusat Pengembangan Bahasa butuh dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung world class university.

 

Visi 

Terwujudnya lembaga yang andal di bidang kebahasaan dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan serta memperkukuh jati diri, karakter, dan martabat UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk memperkuat daya saing world class university Tahun 2021

 

Misi 

  1. Mengembangkan sistem pelayanan bahasa yang efektif dan efisien dalam menghasilkan lulusan yang memiliki keteguhan iman, keluasan ilmu, keunggulan amal, dan kemulyaan akhlak.
  2. Mengembangkan sistem pelatihan bahasa yang kondusif dan mendukung pengembangan kemampuan berbahasa civitas akademika UIN SGD Bandung.
  3. Mengembangkan budaya berbahasa Arab dan Inggris dikalangan civitas akademika UIN SGD Bandung.
  4. Meningkatkan jejaring kerjasama antar lembaga di dalam dan di luar kampus berdasarkan prinsip profesionalisme dalam pelatihan dan pengembangan bahasa.

 

Ketua Pusat Pengembangan Bahasa : Dr. H. Abdul Kodir, M.Ag 
Sekretaris Pusat Pengembangan Bahasa : Dr. Dian, M.Ag 
Kepala Bidang Bahasa Arab : Drs. H. Ateng Ruhendi, M.Pd 
Kepala Bidang Bahasa Inggris : Drs. H. Asep Jamaluddin, M.Ag 
Kepala Bidang Bahasa Indonesia : Drs. Dendih Fredi F., M.Pd 
Tenaga Administrasi Akademik : Enjang Sukmana, S.Ag

 

Pusat Pengembangan Bahasa http://lc.uinsgd.ac.id/